Cara Membuka Usaha Laundry Kiloan dengan Modal Kecil

In Product 135 views

Sebagian orang mencuci pakaian kotor, sudah merupakan aktivitas rutin yang dilakukan setiap pekan.

Tapi, ada juga yang tidak mempunyai banyak waktu untuk sekedar mencuci pakaiannya. Hal inilah yang bisa Anda ambil sebagai peluang usaha membuka jasa laundry pakaian.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih serta padatnya aktivitas masyarakat perkotaan.

Inilah yang membuat mereka malas untuk melakukan pekerjaan di rumah. Mereka ingin bisa menghemat waktu, tenaga serta tidak mau repot-repot.

Selain itu, mereka juga mengingingkan pakaian bersih dan wangi. Nah, dengan usaha laundry ini, semua masalah itu dapat diatasi dengan biaya yang relatif terjangkau.

Dengan melihat kondisi diatas, Anda bisa membuka usaha jasa laundry. Mengingat banyaknya orang yang ingin menggunakan jasa ini.

Sehingga ada kemungkinan di masa depan, usaha ini akan berkembang dengan pesat.

Lalu, bagaimana cara membuka usaha laundry pakaian supaya sukses dan bisa bertahan lama (jangka panjang)?.

Cara Membuka Usaha Laundry Kiloan dengan Modal Kecil
Cara Membuka Usaha Laundry Kiloan dengan Modal Kecil

Cara Memulainya

Bila, Anda ingin membuka usaha laundry kiloan, modal awal yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar.

Anda bisa mengamati perkembangan bisnisnya, jika mengalami grafik yang selalu meningkat, maka Anda bisa mengembangkan bisnis ini supaya lebih besar lagi.

Dengan hanya modal:

  • 1 mesin cuci.
  • Dan juga ruangan kecil untuk tempat pelanggan menerima atau menyerahkan pakaian yang ingin dicuci.

Maka, usaha jasa laundry pakaian sebenarnya sudah bisa berjalan.

Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuka Usaha Laundry

Untuk menjalankan bisnis ini agar bisa berjalan dengan baik, Anda harus memiliki pengetahuan tentang jenis kain, jenis noda dan lain sebagainya.

Berikut hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuka bisnis laundry kiloan.

  1. Anda harus tahu cara mencuci pakaian dengan baik. Mengetahui berbagai jenis kain, serta bagaimana cara mencuci dan mengeringkan dengan baik.
  2. Kenali jenis noda yang menempel pada pakaian Anda, gunakan sabun pembersih yang tepat agar bisa membersihkan noda tanpa merusak warna kain.
  3. Gunakan peralatan yang sesuai dengan besar usaha yang Anda jalankan. Jika Anda baru saja memulai usaha jasa laundry, sebaiknya mengunakan peralatan yang seadanya saja yang terpenting pakaian yang di laundry bisa bersih dan juga rapi.
  4. Hitung berapa tenaga kerja yang dibutuhkan untuk membuka bisnis ini. Menggunakan tenaga kerja secara efektif akan membantu Anda dalam menghemat biaya operasional.
  5. Siapkanlah biaya untuk operasional 3 (tiga) bulan kedepan. Hitung biaya operasional seperti bayar listrik, sewa tempat usaha, biaya untuk membeli deterjen dan air harus diperhitungkan dengan baik.

Rintangan / Tantangan dalam Menjalankan Usaha Jasa Laundry

Setiap menjalankan sebuah usaha hambatan dan juga rintangan bisa datang sewaktu-waktu. Tidak menutup kemungkinan halangan itu juga menimpa bisnis laundry Anda. Berikut ini beberapa halangan-halangan yang biasanya menimpa usaha jasa laundry.

  1. Banyaknya kompetitor yang membuka usaha serupa. Persaingan dalam bisnis adalah hal yang biasanya, oleh karena itu menjaga hubungan baik dengan pelanggan harus tetap dijaga. Berikan pelayanan yang baik agar pelanggan puas dan mau balik lagi.
  2. Pelanggan biasanya meminta waktu pengerjaan yang cepat. Maka dari itu bila dalam kondisi yang ramai maka perlu mengatur waktu agar tidak mengganggu pelayanan terhadap pelanggan.
  3. Masyarakat yang sudah mempunyai mesin cuci sendiri sehingga mengurangi potensi pelanggan Anda.

Manfaat Laundry Kiloan di Lokasi Terdekat Anda

Akizaku

Strategi Menjalankan Usaha Jasa Laundry

1. Pilihlah Lokasi Yang Tepat

Untuk menjalankan bisnis apapun lokasi merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam pemasaran.

Begitu juga usaha laundry, pemilihan lokasi yang baik akan menentukan bisnis Anda ramai atau tidak. Untuk usaha jasa laundry, pilihlah lokasi-lokasi yang dekat dengan sekolah, kampus, atau kontrakan.

Hal itu, dikarenakan biasanya orang yang tinggal di lokasi itu tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan aktivitas mencuci, oleh karenanya biasanya mereka lebih memilih untuk mengunakan jasa laundry.

2. Sesuaikan Harga

Sebelum membuka usaha ada baiknya Anda melakukan riset sederhana untuk mengetahui harga pasaran untuk usaha jasa ini.

Anda bisa melihat berapa harga yang ditawarkan oleh kompetitor. Buatlah harga yang sesuai dengan pelayanan yang Anda berikan terhadap pelanggan.

Pada dasarnya pelanggan tidak akan merasa keberatan dengan membayar sedikit lebih mahal asal mereka puas dengan pelayanan yang Anda berikan.

3. Berikan Pelayanan Ekstra

Bila sudah ada banyak yang membuka bisnis serupa Anda harus mempunyai faktor pembeda dari yang lain. Berikanlah pelayanan ekstra seperti memberikan pilihan minyak wangi, anti kusut, pelayanan antar jemput.

Selain itu dalam usaha jasa laundry ketepatan waktu adalah hal yang mutlak Anda jaga. Jangan sampai pelanggan Anda kecewa karena pakaian yang mereka cuci tidak diselesaikan dengan tepat waktu. Buatlah pelanggan Anda cinta mati agar tidak berpindah ke kompetitor.

4. Perhatikan Kualitas

Pelajari teknik-teknik mencuci agar pakaian tidak kusam dan luntur. Hal ini penting bila hasil cucian baik, bersih dan wangi maka costumer akan kembali lagi ke tempat Anda.

5. Rekrut Tenaga Kerja yang Tepat

Rekrut karyawan yang sesuai dengan bidang yang akan dikerjakan. Pisahkan antara karyawan bagian administrasi dengan bagian cuci, agar waktu kerja mereka bisa efektif.

Untuk penambahan karyawan diperlukan bila usaha jasa laundry kiloan Anda sudah berkembang. Sedangkan diawal usaha mungkin semua pekerjaan bisa dikerjakan oleh satu orang.

Analisa Keuntungan Bisnis Laundry

Estimasi / Perkiraan modal awal.

ini adalah estimasi modal untuk usaha laundry dari nol:

  1. Mesin Cuci: Minimal harga Rp 5 juta, Anda juga bisa mencari mesin laundry bekas untuk harga jauh lebih murah, mesin dibawah Rp 5 juta biasanya belum ada fitur pengering otomastis.
  2. Setrika uap harga Rp 500.000.
  3. Timbangan maximal 30 kg Rp 300.000.
  4. Deterjen, sabun dan lain-lain, Rp 500.000.
  5. Peralatan lain seperti ember, gantungan, sikat, plastis, dll,  Rp 1.000.000.
  6. Spanduk Rp 300.000.

Total perkiraan modal Rp 7.600.000.

Estimasi / Perkiraan Keuntungan

Saat ini, ongkos jasa untuk laundry kiloan berkisar sekitar Rp 6000 hingga Rp 8000 rupiah perkilonya untuk pakaian biasa.

Tarif akan berbeda untuk jasa mencuci barang lain seperti sprei, bed cover, karpet, gorden dan lainnya yang biasanya di hitung Rp 10.000 – Rp 15.000 / potongnya (tergantung ukuran).

Untuk memudahkan memperkirakan keuntungan yang bisa didapat, jika dalam satu hari kita mampu menerima order 30 kg pakaian.

Maka, Anda akan mendapatkan keutungan 30 x Rp 8000 = Rp 240.000 dan dalam satu bulan dengan hari kerja efektif 25 hari, maka dalam sebulan akan mendapatkan Rp 240.000 x 25 = Rp 6.000.000.

Keuntungan tersebut belum termasuk potongan biaya operasional, seperti listrik dan lainnnya.

Untuk usaha baru berjalan dan usaha Anda belum stabil, cukup mempunyai 1 mesin cuci saja.

Namun jika, semakin hari semakin meningkat jumlah pelanggan, maka Anda bisa mengganti atau menambah mesin cuci dengan kualitas dan kapasitas yang lebih bagus.

Source: Sarung Preneur

Tags: #Laundry

author
Lakukan apa yang menurut kamu baik untuk dilakukan

Leave a reply "Cara Membuka Usaha Laundry Kiloan dengan Modal Kecil"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top