Apa itu VPS? VPS yang Cocok Untuk Upload Video Youtube?

Di Hosting & Domain 269 views

Apa itu VPS?

Jika kamu adalah seorang webmaster atau developer yang seringkali mendesain sebuah website tentu kamu sudah sangat tidak asing lagi dengan Istilah VPS.

Ya. Virtual Private Server yang dikenal dengan nama Virtual Machines ini merupakan server yang bisa di Install sendiri dan bisa digunakan layaknya dedicated server yang tentu memiliki resource yang sangat banyak dibandingkan dengan shared hosting.

Kelebihan dari VPS dibandingkan dengan Shared Hosting

  • Memiliki kapasitas resource yang lebih dari shared hosting.
  • CPU.
  • Memory.
  • Kapasitas (Space).
  • Bebas menggunakan kapasitas resource.

Hal ini tentu jauh berbeda halnya dengan shared hosting yang mewajibkan kamu berbagai space database dengan website-wesbite lain yang tergabung dalam satu server.

Kegunaan VPS Yang Wajib Kamu Ketahui!

Apa itu VPS? VPS yang Cocok Untuk Upload Video Youtube?

Apa itu VPS? VPS yang Cocok Untuk Upload Video Youtube?

 

1. Hosting Berkecukupan

Salah satu kegunaan VPS yang paling utama adalah memiliki hosting yang berkecukupan, dengan menggunakan VPS maka kamu tak perlu khawatir jika website kamu akan kekurangan resource database.

Pasalnya dengan menggunakan VPS maka kamu bisa memiliki sebuah website berskala besar tanpa khawatir kehabisan space hosting, nah oleh sebab itu, jika kamu ingin memiliki website besar seperti detikcom, kaskus, ataupun kompas.com maka kamu wajib menggunakan VPS ini.

2. Proxy

Menariknya, dengan menggunakan Virtual private server juga bisa dengan mudah membuat sebuah proxy yang digunakan untuk masking IP menggunakan server VPS kamu, hal ini tentu sangat efektif jika dibandingkan dengan shared hosting yang belum memiliki fitur setting proxy untuk masking IP.

3. Tunneling

Salah satu kegunaan yang banyak sekali digunakan oleh pada phreaker saat mereka menggunakan virtual private server adalah dengan memanfaatkan fitur tunneling.

Perlu diketahui bahwa tunneling ini memiliki banyak kegunaan dimana seorang web developer bisa membuat sebuah jalur (track) dengan mengelola VPS terutama jika mereka menggunakan operasi sistem berbasis linux.

Selain itu, dengan menggunakan Tunneling maka kamu bisa mengakses internet menggunakan Virtual private server. Wow! menarik bukan?

4. Encoding Video

Selain digunakan untuk membuat Tunneling, salah satu kegunaan VPS adalah bisa digunakan untuk encode video, hal ini karena encode video biasanya membutuhkan waktu yang sangat lama dan membutuhkan waktu berjam-jam, namun dengan adanya VPS maka akan menjadi pilihan karena bisa menyala terus selama 24 jam, bahkan bisa 1 bulan penuh jika servernya mampu dalam encode video itu sendiri

5. Leech Torrent

Salah satu kegunaan dari VPS yang terakhir adalah bisa digunakan untuk leecher file-file yang ada di torrent website kita.

Hal ini dikarenakan kecepatan transfer data pada koneksi VPS bisa mencapai puluhan MB/detiknya sehingga dengan kecepatan data koneksi ini maka akan memudahkan kita untuk mengambil file-file yang ada di torrent.

Pada konsepnya, mengambil file data yang ada di torrent hampir sama dengan tunneling, tetapi jalur enkripsi dan metodenya saja yang berbeda, VPN lebih mudah digunakan namun instalasinya yang sedikit rumit dan agak membingungkan.

VPS Apa yang Cocok Untuk Upload Video Youtube?

“Saya lagi cari vps yang bisa untuk render video? dan bisa diinstal sama adminnya? minta yang rekomendasi gan¬† mohon di bantunya” dari¬†tommy236.

Saya lebih menyarankan menggunakan VPS Dedicated Server dengan GPU yang bagus, misalnya GPU server di Softlayer.

Kalau emang buat project youtube, bisa cari GPU Cloud provider, ada listnya di Nvidia gan, tapi tidak semua region tersedia gan. Asia mungkin cuma ada di Softlayer.

Atau mungkin bisa pertimbangkan pakai SaaS daripada agan maintaince sendiri cloud instance untuk video rendering.

  • www.renderrocket.com.
  • www.revuprender.com.

Ini yang maksudnya untuk convert/re-encoding video atau memang untuk render video (editing video dari source mentah yg berupa image atau dari file efek misal: 3dmax)?

Kalau hanya untuk convert/re-encoding memang masih bisa menggunakan VPS, sebab proses convert/re-encoding video masih memungkinkan tanpa ada graphics card/VGA card. Sebab graphics card di virtual komputer ini juga diemulasikan melalui hypervisornya.

Proses transcoding/re-encoding video itu sifatnya CPU intensive task, jadi yang diperlukan disini adalah VPS dengan dedicated cpu core. Yang umum sih jenisnya Xen (Citrix Xen Server) walau ada juga yang VMWare atau KVM. Harganya juga lumayan mahal, walau mungkin tidak semahal dedicated server.

Lain lagi kalau memang digunakan untuk rendering video (editing video dari source mentah), karena efek-efek yang digunakan untuk hal tersebut, termasuk aplikasi video editingnya biasanya memerlukan graphics card, jadi hanya memungkinkan dengan menggunakan dedicated server yang ada graphics card-nya (entah itu berupa APU atau berupa dedicated graphics card tersendiri).

Kalau nge-render atau re-encoding video pakai virtual pc biasa, yang ada sih disuspend karena abuse cpu.

Untuk VPS yang bisa render disarankan sih yang RAM-nya besar. Minimal 4 GB karena saat render pastinya butuh resource besar dan makan memori. Lebih direkomendasikan menggunakan Server sendiri karna lebih leluasa untuk penggunaan RAM dan resourcenya.

Mungkin untuk provider VPS di Indonesia masih jarang yg menyediakannya khusus encoding atau dedicated core, tapi kalau provider luar negeri sepertinya ada beberapa yang menawarkannya.

Kalau ada dana sekitar $30 – 40 USD masih bisa dapat dedicated server untuk keperluan tersebut.
Walau mungkin model cpu-nya sudah agak lawas misalnya Xeon L5520 (score unixbench 4357) atau Core i7 920 (score unixbench 4990) tapi masih sangat mumpuni buat keperluan tersebut.

Performa dari segi CPU-nya jelas jauh lebih tinggi ketimbang virtual private server yang kira-kira harganya sekitar $20-30 USD.

Harga Virtual Private Server

  • Vultr $20 4 GB RAM, scrore unixbench sekitar 3000-an.
  • Linode $40 4 GB RAM, score unixbench sekitar 2500-an.
  • DigitalOcean $40 4 GB RAM, score unixbench sekitar 2000-an.

Ketiga contoh diatas bukan dedicated core CPU, hanya sebagai pembanding saja terhadap sebuah dedicated server.

Jadi, kalau pakai dedicated server tidak perlu khawatir lagi soal abuse cpu usage atau karena masalah high i/o, soalnya kalau di dedicated server penggunaannya mau dihajar habis-habisan pun tak masalah, karena 1 server dipakai buat sendiri jadi tidak mengganggu yang lain.

Cari aja di dedicated provider murah meriah. Biasanya ada yang 30-40 USD kalo lagi untung kali bisa dapet yang udah pake sas. Utamanya kan buat render dan koneksi ke internet tidak perlu yang bandwidth transit-nya.

  • – wholesaleinternet
  • – dacentec
  • – joe’s datacenter
  • – quadix

Demikian dari postingan saya pada pagi hari ini yang mengulas VPS, kelebihan dari Share Hosting dan virtual private server yang cocok untuk rendering dan mengupload video rutin setiap hari ke youtube.

Lakukan apa yang menurut kamu baik untuk dilakukan

Tinggalkan pesan "Apa itu VPS? VPS yang Cocok Untuk Upload Video Youtube?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top