Dalam Posting ini kita akan membahas tentang “Inilah Penyebab Mata Anda Cepat Rusak, Jagalah Mata Anda” yang diakibatkan oleh kita yang tidak sadar dengan teknologi sudah maju pesat.

Dokter ahli dan psikolog pun akhirnya angkat bicara mengenai fenomena ini. karena riset membuktikan, 20 % anak di perkotaan lebih tinggi menggunakan kacamata di banding mereka yang tinggal di pedesaan.

Kebiasaan anak-anak pada kecanduan gadget, secara segi kualitas kecepatan internet di Indonesia sudah cukup lumayan cepat (ketimbang zaman saya dulu), juga sekarang di pasaran banyak meminat produk-produk gadget canggih dengan harga yang “kompetitif”(murah).

Sekarang ini sudah mudah sekali mendapatkan gadget canggih murah meriah, khususnya untuk produk-produk smart phone dan tablet. Makanya tidak heran kalau hampir setiap anak muda sekarang punya gadget canggih.

Jangankan anak-anak muda, anak bayi yang baru belajar jalan aja udah banyak sekali yang di kenalin gadget sama orang tuanya. Jadi, wajar saja kalau generasi millenium (muda) kita sekarang ini di kenal juga sebagai “generasi gadget”.

Generasi Penerus Gadget dari masa ke masa
Generasi Penerus Gadget dari masa ke masa
DIGITAL EYE STRAIN

Digital Eye Strain (DES) atau lebih dikenal juga dengan Computer Vision Syndrome (CVS) adalah merupakan “ketidaknyamanan secara fisik yang di rasakan oleh mata setelah menghabiskan dua jam atau lebih ketika menatap ke layar digital.

Hal ini terkait dengan aktivitas menggunakan perangkat yang memiliki layar digital dengan jarak pandang yang cukup dekat dan menengah seperti komputer desktop, laptop, tablet, e-reader, layar telepon seluler, Televison (TV), Hand held games, dan lain sebagainya”.

Manusia normal rata-rata akan mata berkedip sebanyak selama 18 kali tiap menit dalam kegiatan kesehariannya.

Tapi merupakan sebagai akibat dari aktivitas yang membutuhkan banyak waktu untuk menatap/melihat ke layar digital, menyebabkan frekuensi kedipan yang dilakukan seseorang menjadi berkurang.

Efek negatif yang dirasakan pada mata adalah yaitu, rasa lelah, gatal, kering, atau bahkan sensasi seperti terbakar (panas).

Gejala dari Digital Eyestrain
Gejala dari Digital Eyestrain

Jadi gitu penjelasannya, kalau kita dimari aktivitas yang selalu banyak menatap layar digital dan ternyata mata kita sering mengalami gejala-gejala seperti diatas, berarti kita kena digital eye strain tuh. Jadi kita harus berhati-hati, bahaya kalau dibiarkan secara terus-menerus, lama-lama mata anda bisa rusak.

Solusinya sangat banyak “katanya”, tapi sekarang kita akan bahas permasalahan yang pernah saya alami sebelumnya, makanya dari dulu saya sampai repot riset panjang lebar segala yang ada di internet sehingga saya menemukan pelaku kejahatan utama yang menyebabkan banyak para generasi gadget mengalami kerusakan pengelihatan.

TIPS Meminimalisir DES

  1. Peraturan 20/20/20

    Peraturan 20/20/20
    Peraturan 20/20/20

    Tips ini yang paling banyak di rekomendasi sama ahli mata di seluruh dunia, dan kata mereka paling ampuh. Sekali lagi “katanya”. Jadi aturan umum dari tips ini adalah:

    Istirahatkan mata setiap 20 menit dengan memandang objek berjarak 20 kaki selama 20 detik. (1 kaki sekitar 30 sentimeter).

  2. Kurangi Glare (Efek menyilaukan)

    Mengurangi kualitas kecerahan layar anda
    Mengurangi kualitas kecerahan layar anda

    Layar digital, khususnya yang bertipe glossy bisa menciptakan efek seperti cermin yang dapat menyebabkan cahaya luar terefleksikan (patul) di layar, yang merupakan menyebabkan efek glare ke mata kita. Efek glare ini selain menggangu juga sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan mata bekerja lebih untuk fokus dan menangkap cahaya.

    Solusi yang di anjurkan yaitu apabila kita sering menggunakan perlengkapan dengan layar digital dalam waktu lama (laptop, tablet, smartphone, dll), di anjurkan posisi layar tidak membelakangi cahaya. Direkomendasi supaya agar pencahayaan luar posisinya cukup berasal dari atas layar.

    Tips memasang anti glare pada layar anda untuk menghilangkan efek reflektif tersebut.

    Pemasangan lapisan anti glare yang benar
    Pemasangan lapisan anti glare yang benar
    Layar yang telah dilapisi anti glare tambahan
    Layar yang telah dilapisi anti glare tambahan

    3. Upgrade Layar Digital Anda

    Saran ini lebih di tujukkan ke pengguna PC yang layarnya bisa menganti-ganti tidak memakai waktu yang lama. Ganti layar digital anda dengan teknologi yang terkini.

    Upgrade Layar Digital Anda
    Upgrade Layar Digital Anda

    Jadi kalau dulu masih pake monitor CRT di upgrade ke LCD atau LED, secara monitor dengan teknologi terkini memiliki refresh rate jauh lebih tinggi ke timbang CRT (diatas 60 Hz), sehingga bisa mengurangi flicker (kedipan).

    Mungkin kita tidak begitu merasakannya secara langsung, tetapi makin banyak kedipan di monitor akan membuat mata cepat lelah.

    Tips Gamer yang ingin mata sehat ketika bermain game:

    1. Pilih Layar Tipe Matte (Anti Reflektif) / Switch to LCD Monitor
    2. Selalu Gunakan Blue Light Reflector Glasses
      Blue light emission bisa kita minimalisir dengan filter berwarna kuning. Karena biru lawan kuning jadi netral.
    3. Instal FLUX Sebuah program aplikasi gratisan (freeware) yang bisa mengubah suhu warna dari layar kita secara otomatis ataupun bisa di setting (pengaturan) manual. Suhu warna yang hangat atau warm (>5000 K) ternyata bisa mengurangi efek buruk dari sinar biru!
    4. Brightness Level
      Solusinya, kitar atur kecerahan di layar LED milik kita sampai di level yang bisa menghilangkan flicker secara total. Caranya gunakan mode video di layar ponsel anda dan arahkan ke layar LED anda. Kalau ternyata gambar layar LED yang di tampilkan via ponsel anda terlihat masih ada garis-garis bergerak naik atau turun secara konstan, maka itulah flicker. Naikan brightness sampai flicker tersebut hilang.
    5. Konsumsi Makanan Yang Berkhasiat Bagi Kesehatan Mata Anda
      Jangan cuman kita melakukan pencegahan diluar saja akan tetapi dalam juga harus dilakukan. Makan yang mengandung banyak manfaat di kesehatan mata ialah Tomat, Kacang Almond, Wortel, Telur, Berry, Salmon, Bawang Bombay, Bawang Merah, dan lain sebagainya.
    6. Jangan Lupa Berkedip !
    7. Periksa Mata Anda Sekarang !Kalau mata kita sudah mines, tidak ada cerita bakal berkurang minesnya, yang ada malah bakal menambah itu mines kalau tidak segera diperiksakan ke dokter dan pencegahan sejak dini (memakai kacamata misalnya).
    8. Jangan Berlebihan
      Apapun itu, yang namanya berlebihan pasti tidak baik efek untuk tubuh kita. Main Game juga OK tapi kita harus ingat dengan waktu kita.

     

    Demikian dari posting saya kali ini, semoga bermanfaat untuk melakukan pencegahan kerusakan mata sejak dini. Mohon di share jika Anda menyayangi mata Anda. Terima Kasih Atas Kunjungan.

LEAVE A REPLY